Apr 18, 2012

KULKAS KEBANJIRAN

Beberapa hari lalu media televisi menayangkan adegan warga mengikat kulkas dengan tali, maksudnya agar tidak mengambang ketika air banjir masuk ke dalam rumah. Setelah banjir reda, kulkas diperbaiki karena mengalami kerusakan. Celakanya apabila oli sampai masuk kembali ke kompresor, biaya service cukup mahal dan dijamin kinerja kulkas tidak akan kembali ke sedia kala.

Jika banjir datang ke rumah Anda, maka berikut adalah tindakan yang harus dilakukan.


  1. Keluarkan isi kulkas dan biarkan pintu tetap terbuka (lihat gambar). Penyebab kulkas mengambang karena ruang dalam kulkas merupakan kantong udara, dan posisi kulkas yang miring/rebah dapat mengkibatkan oli masuk kembali ke kompresor. Dengan membuka pintu maka air akan mengisi ruang dalam, hal ini yang membuat kulkas tidak mengambang. 
  2. Setelah banjir reda. Cuci bagian dalam dan luar kulkas yang terkena air kotor dengan menggunakan air sabun, bilas, dan keringkan.
  3. Keringkan. Gunakan lap kering dan diamkan selama ± 5 jam dengan posisi pintu tetap terbuka. Khusus rangkaian elektronik, keringkan dengan menggunakan hair dryer. 
  4. Nyalakan. Kulkas akan beroperasi normal kembali.

Photo kulkas dari Google Image
Tips and Trick ini mulanya belajar dari pengalaman banjir yang melanda ibukota 2002 lalu, dan telah diuji coba oleh teman-teman pada waktu banjir 2007, 2008, dan 2010, sukses! 

Perlu dicatat bahwa, banjir sudah menjadi wabah, setara dengan wabah korupsi, walau calon-calon gubernur janji membebaskan ibu kota dari banjir hanya dalam waktu 3 tahun ke depan. Saya memprediksi penanggulangan banjir di Indonesia membutuhkan waktu puluhan tahun, sebab sudah rusak secara struktural.

Jika berpikir dan merasa tulisan diatas bermanfaat—apa salahnya disebarluaskan untuk membantu sesama, demi kemanusiaan? Terima kasih :)


No comments:

Post a Comment

Tulis pendapat dan komentar di bawah ini :)