Aug 5, 2012

DOA SBY UNTUK ICAL (LUMPUR LAPINDO)

Lama tak bersua, Apa kabar?
Don't worry, be happy!
(karikatur: google images)

Hari Jumat sore (3/11/2006), sepulang dari menemui klien di kawasan Kuningan, dalam perjalanan pulang, supir taxi tiba-tiba bertanya, “Pak, kok lumpur di Lapindo kagak di brantas-brantas yé?..” 


Saya diam karena bingung dengan struktur penyusunan kata-katanya, dia melanjutkan pembicaraan, “Katényé bakal brenti sendiri, didiémin ajé maksudnyé, ape kagak bahaya tuh pak? Trus, ngapain pak SBY nge-doa didepan sumur? Kalo majur pengen juga sih kité minta pak SBY nge-doa-in kité punya motor biar kagak sakit-sakitan.”  (mungkin maksudnya, motornya suka mogok) 

Saya tertawa terpingkal-pingkal mendengar celoteh supir taxi ini, saya suruh dia berhenti dipinggir jalan, ‘jas cari makan’ saya copot, dan pindah duduk ke depan, berdampingan dengan supir taxi ini.

Sambil jalan, saya coba menjawab pertanyaannya, “Kité umpamain didalem bumi itu ada balon, isinye gas. Diatasnyé kan tanah nih (kedua tangan memperlihatkan perumpamaan tersebut), kalo mereka bilang didiémin bakal mati sendiri, teorinyé sih karena balonyé kempes jadi kagak sanggup niup lumpur lagi." (overburden pressure mencapai titik equilibrium)

"Oh gitu pak ye?," sahutnya. 
“Ntar dulu coy, bahaya-nyé kalo kagak ada yang nahan tanah pegimané?” Buru-buru saya sanggah.
Dia menjawab, “Am-siong dong..." (ambrol maksudnya, barangkali)

Saya melanjutkan penjelasan, “Tanda-tandanyé udeh ketahuan, adé semburan baru yang jaraknye 3 kilometer, bisa jadi tanahnyé retak. Kalo am-siong beneran, minimal 3 kilo ke kiri dan 3 kilo ke kanan, pokoknyé radius 3 kilo deh.” 

Dia langsung jawab, “Mudah-mudahan doa pak SBY manjur deh, biar motor kite bisa ketolong juga.” 

Saya tertawa terbahak-bahak sama lawakan yang agak kurang ajar ini, selanjutnya: “Kalo masalah doa pak SBY, enté minta aje amé dié.” 

Kita sama-sama tertawa cekikikan.



Sekarang giliran Anda mengomentari, terima kasih.



No comments:

Post a Comment

Tulis pendapat dan komentar di bawah ini :)