Feb 19, 2010

PS (2 # 2)



Pada bagian kedua ini (1 # 2), saya mengarahkan Anda langsung ke FAQ (Frequently Asked Questions), berdasarkan pertanyaan yg sering diungkapkan oleh teman-teman sejak tahun 2006, agar lebih praktis. Toh, yg Anda butuhkan adalah penjelasan praktis, tidak teoritis-akademis. Namun, ada baiknya Anda membaca bagian pertama (1 # 2), plus video clip, agar mudah paham, karena bagian kedua ini bertautan langsung dengan bagian pertama.
Jika Anda menemui tulisan dengan background warna kuning, menandakan artikel susulan.


Tanya: Apa itu Persaudaraan Semesta atau PS?

Jawab: Seperti yg sudah di jelaskan di bagian pertama, Persaudaraan Semesta atau PS, adalah "compass atau penunjuk arah untuk mencapai tujuan akhir."  Aktualisasinya dengan membentuk komunitas.  Maksudnya adalah untuk membentuk sosok-sosok berbengaruh di lingkungan kerja atau di ligkungan sosial, dan dengan tujuan untuk memfasilitasi proses transformasi dapat terwujud sesuai harapan. 


Tanya: Apa tujuan akhir yg dimaksud? Specific-nya?
Jawab: Setiap insan manusia di dunia mempunyai tujuan akhir.  Tujuan akhir masing-masing manusia bisa berbeda-beda. Namun jika dilihat lebih dalam, esensinya terdiri dari 3 (tiga) hal, yaitu: kesederhanaan, kesejahteraan, dan kebahagiaan.  Kita berlomba-lomba untuk mewujudkan ketiga hal tersebut di dunia. Tercapai atau tidak, kata kuncinya adalah waktu!..  


Tanya: Anda menyebutkan "menaklukkan sejarah dunia" di bagian pertama, apakah itu bukan tujuan akhir?
Jawab: Menaklukkan sejarah dunia bukan tujuan akhir, itu bagian dari proses mencapai tujuan akhir. Sama halnya dengan motivasi: "Lulus kuliah supaya mudah dapat kerja." Apakah lulus kuliah atau mudah dapat kerja menjadi tujuan akhir?.. 


Tanya: Apa manfaat dari Compass-PS?
Jawab: Maaf, Gyrocompass-PS.  Dalam usaha untuk mencapai tujuan akhir, pertanyaannya adalah: "kapan'  bisa tercapai?" Kata kapan jawabannya adalah waktu. Setiap hal yg berkaitan dengan waktu kita sering mendengar kata "biar waktu yg menentukan."  Gyrocompass-PS membuat Anda tidak menyia-nyiakan waktu, karena ada kepastian tentang waktu.  Jadi, manfaat utama adalah waktu berada di tangan Anda sendiri.


Tanya: Berarti Gyrocompass-PS itu semacam jimat dlm ilmu mystic?
Jawab: Anda boleh saja berkata demikian, kalau mystic diartikan sebagai suatu energi yg tak tampak dan bersifat spirituil/diluar jangkauan intelektualitas. Nah, Gyrocompass-PS adalah mystic yg saya transform menjadi tampak bagi kita, menjadi realistis, rasional, dan intelektual!


Tanya: Bagaimana cara mendapatkan Gyrocompass-PS? Apakah saya harus ikut komunitas?
Jawab: Begini, dengan Anda memahami bagian pertama dan menjadi pedoman perilaku sehari-hari, Anda sudah menggunakan Gyrocompass-PS, tanpa perlu ikut komunitas PS. Mari kita kembali ke falsafah compass, digunakan oleh siapa saja sebagai alat bantu membaca peta (navigasi). Maksudnya, Anda tidak harus menjadi anggota komunitas PS untuk trampil menggunakannya.  Kami hadir, berperan memfasilitasi agar Anda terampil memanfaatkannya, sederhana bukan?


Tanya: Apakah komunitas di profesi saya boleh menggunakan Gyrocompass-PS, sebagai pedoman organisasi?
Jawab: Boleh! Bahkan siapa saja mau membentuk komunitas dengan menggunakan pedoman kami di PS (Gyrocompass-PS), akan kami dukung penuh! 


Tanya: Untuk keperluan apa saja penggunaannya?
Jawab: Anda bisa gunakan sendiri saja, atau menjadi pedoman di lingkungan sosial, bisnis, atau menjadi pedoman bagi suatu negara untuk mencapai tujuan adil & makmur bagi rakyatnya, kenapa tidak?


Tanya: Apakah ada ritual khusus?
Jawab: Bisa ya-bisa juga tidak, tergantung persepsi Anda tentang ritual. Yang jelas, Gyrocompass-PS digunakan untuk menjawab kebutuhan Anda.


Tanya: Maksud Anda dengan kebutuhan?
Jawab: Baik, Anda boleh saja punya sejuta keinginan, namun apakah semua keinginan Anda tersebut merupakan kebutuhan untuk mencapai tujuan akhir? Coba Anda baca kalimat sederhana berikut ini dalam hati, dan apakah hati Anda memaknai sesuatu yg berbeda?

  • 1. Saya 'ingin' handphone seri terbaru.
  • 2. Saya 'butuh' handpone seri terbaru.

Kedua kalimat diatas hanya dibedakan oleh ingin dan butuh, namun jika dilanjutkan dengan pertanyaan; Apa yg menyebabkan Anda ingin/butuh? Maka timbul jawaban yg variatif. Perbedaan ini disebabkan oleh kata 'butuh' menggiring Anda untuk lebih rasional dalam mencapai tujuan akhir.


Demikian sekelumit tanya-jawab yg tercatat dalam logbook, terima kasih.








  











No comments:

Post a Comment

Tulis pendapat dan komentar di bawah ini :)