Dec 21, 2010

A PERILOUS JOURNEY

Tulisan berikut disadur dari buku: Ratu Adil Mentas, hal 269.


Mortality
 Tgl 15 Juli 2008 siang, mbah duduk nemenin Adinda tersayang nonton TV infotainment.  Mbah melihat tanyangan, “manusia kawat” dari Kaltim, menderita penyakit tsb. sudah 17 tahun (kalau tidak salah denger).  Mbah merasa “sakit hati mendalam” ketika mendengar komentar 2 orang ahli spiritual top-markotop.  Satu orang dari aliran “bakar kemenyan” dan satu lagi dari aliran “doa se-milyar.”

Dari aliran bakar kemenyan berkomentar kurang lebih bahwa, penyakit itu bukan akibat santet, tetapi akibat daging yang tumbuh tidak normal sehingga berubah menjadi kawat (?!).  Dari yang beraliran keagamaan berkomentar bahwa, penyakit itu akibat dari:  tidak beriman atau azab dari Tuhan YME. (?!)  Astaghfirullah! Seorang dokter berkomentar lain, penyakit tersebut
tergolong langka, belum bisa dijawab dengan pendekatan ilmu kedokteran-kesehatan.  Ia berpikir rasional (dokter, Anda hebat mau berkata apa adanya).  Mbah Déjà vu punya wishful thinking:




  • “Apa dasar pikiran menyatakan penyakit tersebut bukan SANTET/TELUH ?  Ki..beleerrr.!..(red: beler = gendheng)  
  • Apa ukuran orang bisa dinilai beriman?  Pakaian yang kita kenakan, bahasa yang kita gunakan, kata-kata yang menyentuh, belum pasti menandakan orang sudah beriman.  Jika peryataan Mbah ini salah, lantas pertanyaan selanjutnya: “Apa enté sudah berani menyatakan diri beriman ?  Enté perlu ingat, Keimanan punya 3 musuh: Kesombongan-Kemunafikan-Kemusyrikan, dan yang tau itu cuma diri sendiri dan Allah Maha Mengetahui dan Mengenal.
  • Bukankah ini AZAB DARI TUHAN YME BAGI KAUM TERPELAJAR, yang mampu bertutur tapi enggan menolong?  Kita-kita ini kaum terpelajar, kalau enggan menolong, sebaiknya diam!  
  • Dapatkah kalian berpikir, betapa menderitanya orang yang sakit selama 17 tahun?  
  • Barangkali ente-ente takut kehilangan ‘pamor’ kalo nolongin ehh..ngga manjur!?  barangkali he..he..     

Mbah Déjà vu tidak bisa membayangkan jika penyakit tersebut menimpa diri kita selama 17 tahun, eehhh...ujuk-ujuk… dibilang daging-kawat atau tidak beriman & azab!  Wajar kan kalau hati ini sakit bak’ disayat buluh perindu, he..he..

Mbah saranin ama ente berdua mohon ampunan kepada Tuhan Yang Maha Mengenal dan Mengetahui, karena sudah salah bertutur, mumpung belum merasakan betapa pedihnya 17 tahun.  Ane aje sering minta ampunan, sebab Iman ane kan masih sebates Amien (Amien = baru bisa bersyukur, red.).

Tapi ane jadi sangsi juga sih, kali..kalo mbah ngetop-markotop kayak mereka, komentarnya sama juga barangkali..??...kayaknya sih...hua..ha..ha.. 

Mbah Déjà vu (Déwa Jàwa Vurba)—

P.S.: Sampai hari ini saya belum kena santet, karena langkah saya dikehendaki Tuhan YME.

No comments:

Post a Comment

Tulis pendapat dan komentar di bawah ini :)